jump to navigation

Bangunlah Lebih Pagi December 21, 1999

Posted by lenterahati in pekerjaan, Uncategorized.
trackback

Banyak orang bangun tidur terkejut karena waktu sudah telat. Lalu terburu-buru mereka mandi dan bersiap berangkat kerja. Pagi hari menjadi saat yang menyibukkan dan penuh ketergesaan. Padahal siang hingga petang nanti mereka akan mengalami hal yang sama di tempat kerja. Begitu terus sepanjang pekan. Hari Minggu menjadi hari yang dinanti-nanti. Oh, betapa tidak pas-nya hidup ini.

Langkah berikut hidup pas adalah bangunlah lebih pagi. Awali program ini dengan bangun setengah jam lebih pagi, kemudian satu jam hingga akhirnya anda bangun lebih pagi dari matahari. Kali pertama, tubuh akan menolak. Kantuk masih melekat di pelupuk mata. Dan anda ogah-ogahan bangkit dari tempat tidur. Tapi, percayalah bangun pagi tidak akan merugikan kesehatan anda. Justru anda akan mengalami pengalaman yang luar biasa dalam mengawali hidup hari ini.

Begitu anda terbangun, sampaikan salam dan syukur pada sang Pencipta yang masih memberi kesempatan menjalani kehidupan. Kemudian, mandilah atau sekedar membersihkan tubuh supaya segar dan membuang kantuk jauh-jauh. Siapkan secangkir teh atau kopi hangat. Hirup perlahan-lahan dan nikmati aroma alami yang ditebarkan. Bila hari masih gelap, anda bisa melanjutkan kegiatan pagi itu dengan membaca novel klasik, menyusun puisi atau membuka koleksi foto keluarga. Sadarilah keheningan pagi membawa pengalaman jiwa yang menentramkan. Perhatikan, betapa anda akan berkata dengan berbisik-bisik perlahan karena khawatir mengganggu kesunyian pagi.

Kini matahari mulai terbit. Anda bisa melanjutkan aktivitas anda di luar rumah. Perhatikan sekeliling. Hirup udara pagi dalam-dalam. Anda bisa berjalan atau berlari-lari kecil mengelilingi areal lingkungan kediaman anda. Mungkin anda akan bertemu dengan orang-orang yang jarang anda temui, sampaikan senyum dan salam pada mereka. Jangan lupa untuk menatap langit yang berangsur-angsur berubah dari gelap, kemerahan, biru cerah kemudian terang sang matahari. Perhatikan pula barangkali ada hewan-hewan kecil keluar dari sarangnya, embun yang tertinggal, wewangian bunga atau aroma rumput.

Atau, anda bisa beraktivitas di dalam rumah dengan membersihkan rumah, mengganti taplak meja, merapikan lemari baju, menyiapkan buku-buku bagi anak-anak, menjahit pakaian yang robek. Lakukan itu dengan sedikit berdendang atau sekedar bergumam. Anda boleh menyetel lagu kesukaan agar menambah semangat. Lanjutkan dengan menyiapkan sarapan dan segala sesuatunya untuk pekerjaan. Ketika anda berangkat kerja, rasakan betapa penuh gairah dan indahnya hidup anda.

Perhatikan, ternyata begitu banyak kegiatan bisa kita lakukan di pagi hari. Anda tak perlu terburu-buru dan merasa kesal dengan waktu yang berlalu dengan cepat. Bangun pagi menyegarkan jiwa, menghilangkan stress sekaligus memberi perasaan bahwa anda memiliki waktu lebih lama. Bila anda  belum berkesempatan menikmati heningnya pagi, lakukan mulai esok hari. Anda akan kagum dengan kedamaian yang memberi gairah pada hidup anda.

Hidup Pas

%d bloggers like this: